h1

Internet Sehat = Berinternet dengan Bijak

April 11, 2010
Seluruh materi tutorial ini dapat didownload, dibaca, dimodifikasi serta disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis.

Internet memang memegang peranan penting bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan informasi. Dengan menggunakan Internet kita dapat melakukan berbagai aktifitas mulai dari pekerjaan kantor misalnya berkirim dokumen kerja melalui e-mail, pendidikan misalnya e-learning, hiburan, mencari berita, mencari lowongan pekerjaan hingga bersosialisasi dengan teman seperti menggunakan jejaring sosial dan chatting. Namun disamping sisi positif dari internet banyak penyalahgunaan internet yang membuat kita resah seperti munculnya berbagai macam kasus seperti kasus pencemaran nama baik, kasus penghinaan melalui jejaring sosial atau kasus-kasus lain berkaitan dengan penyalahgunaan akses internet. Untuk itu perlunya kita mengetahui bagaimana memanfaatkan internet dengan bijak.

Berikut tips bagi remaja agar ber-Internet dengan bijak:

1). Tidak semua orang di internet jujur jadi berhati-hatilah ketika kamu sedang menggunakan Internet atau chatting. Kamu tidak akan pernah tahu ketika ada orang yang mengaku a/s/l (age/sex/location) – nya adalah “17/f/jkt” (baca: umur 17 tahun, female/perempuan, berlokasi di Jakarta wagh seger2 nya nigh… J) dan bersekolah atau berkuliah di suatu tempat, sebenarnya adalah “30/m/anywhere” dan pengangguran, alias sama sekali bukan orang yang kita bayangkan atau kita imajinasikan (masak jeruk minum jeruk hi…..takut). Bahkan data diri, foto yang tertampang pada situs jejaring sosial orang tersebut belum tentu itu foto aslinya bisa saja itu palsu, data ang dituliskan juga palsu dan itu hanya trik yang digunakan untuk menutupi identitas sebenarnya.

2). Dari hal diatas kita dapat belajar agar data diri yang kita tuliskan di jejaring sosial atau data/informasi di internet tidak terlalu banyak. Hal ini agar kita tetap memiliki privasi I internet. Tidak ada satupun aturan di dunia yang mengharuskan kamu untuk bercerita jujur tentang jati diri kamu kepada orang lain di Internet. Simpanlah baik-baik informasi tentang nama kamu, usia, alamat rumah, alamat sekolah dan nomor telepon. Waspadalah dengan siapapun yang ingin tahu terlalu banyak.

3). Jika kamu menerima kiriman e-mail, file ataupun gambar-gambar yang isinya mencurigakan dari seseorang yang kamu tidak kenal dan kamu tidak percaya, langsung hapus saja, atau laporkan bahwa e-mail tersebut adalah spam(sampah) kepada pihak penyedia layanan e-mail. Jika kamu masih membuka e-mail tersebut apalagi membuka attachment e-mail spam tersebut tanggung sendiri resikonya seperti, pencurian data-data pribadi dari komputermu,komputer rusak karena virus,dll Hal tersebut juga berlaku pada link atau URL yang tampak mencurigakan. Janganlah kamu meng-klik apapun yang tidak kamu yakini sumbernya dan keamanannya, walaupun dengan alasan sekedar ingin mencari jawab atas rasa keingin-tahuanmu.

4). Jauhi chat room atau mailing-list yang isinya provokatif ataupun berisi hal-hal negatif lainnya. Jangan pula mudah terpancing dengan provokasi seseorang yang memanas-manasi kamu untuk bertengkar di Internet. Jika kamu mencoba-coba mencari masalah di Internet, kamu akan mendapatkannya, dan segala sesuatunya akan lepas kendali secara cepat dan tanggung sendiri akibatnya. Jika kamu seorang cewek dan berencana KOPDAR alias KOPi DARat bertemu dengan teman cowok dari internet sebaiknya memilih bertemu di tempat Umum dan akan lebih baik lagi jika kamu mengajak teman atau saudara saat bertemu dengannya.

Mengapa hal diatas tidak berkaitan dengan pembatasan-pembatasan hak akses misalnya dengan menggunakan software parental, memanfaatkan OpenDNS, Setting Proxy, menggunakan Browser khusus agar dapat memblokir situs-situs negatif? Itu karena semua kembali kepada diri pribadi seberapapun kita membatasi pasti juga bisa ditembus, ingat tadak ada security yang sempurna di dunia ini. Sekarang tergantung bagaimana kita mengendalikan diri? Bagaimana kita menunjukkan diri kita di internet, bagaimana kita turut andil dalam menyebarkan informasi di internet? Bagaimana kita memanfaatkan internet untuk memudahkan pekerjan kita? Untuk membuat kita menjadi lebih bermanfaat, bisa juga membuat kita menjadi orang yang sukses berkat internet.

Akhir kata ada sebuah pepatah yang bias mengingatkan kita agar selalu berinternet sehat yaitu: “siapa menanam, mengetam”  Artinya? Siapa yang menanam kebaikan di internet akan mendapat pahala atas kebaikannya, sedangkan siapa yang menanam keburukan atau menyalahgunakan internet juga akan mendapat dosa dan balasan yang setimpal atas perbuatannya.

Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi kita semua J,  CMIIW… (Correct Me If I’am Wrong).

Sumber : istimewa, itcwatch

download artikel:
http://anharku.files.wordpress.com/2010/04/internet-sehat-anharku.pdf

by: anharku

About these ads

2 comments

  1. ini ne ga kesampaian nulis buku…jadi taruh di blog….


    • ah syg tau aja..^_^



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: